Random Access terminal

Hello gess, kenalin nih. Gw admin web seklian founder dari RAT. Sebenernya buat pemilihan nama web ini sengaja di unique an wkwkw. Biar mainstreame gitu. Sama kayak founder web2 lain gitu wkwkwk.

Anime Issekai

Networking

Google adsense


Plugin WordPress wajib install berikut adalah koleksi beberapa plugin WordPress yang selama pengalaman saya mengelola beberapa blog WordPress bertahun – tahun selalu saya pakai. Saya merasa nyaman menggunakan plugin WordPress dalam daftar berikut ini secara terus – menerus di beberapa blog saya untuk memudahkan beberapa hal seperti meningkatkan SEO, mengatasi komentar spam, melihat statistik situs dan sharing artikel, memasukkan banner iklan dan juga backup file dan database blog saya secara otomatis.



1. Plugin WordPress Wajib Install – SEO


SEO adalah usaha kita untuk memperbaiki posisi kita di halaman pencarian (SERP) mesin pencari, Google orientasinya. Ada banyak plugin SEO yang bisa kita pakai untuk optimasi ini, dua diantaranya ada di bawah ini. namun kalau mau daftar yang lebih lengkap simak artikel saya 7 Plugin SEO WordPress Terbaik.

WordPress SEO oleh Yoast


Plugin WordPress Wajib Install - Yoast SEO

Kalau bicara tentang plugin SEO WordPress, rekomendasi utama saya adalah WordPress SEO oleh Yoast. Ini adalah sebuah plugin yang memberikan improvement sangat berarti bagi optimasi on page SEO saya selama ini. Saya sangat terbantu untuk selalu fokus menulis dengan tanpa kehilangan fokus pada kata kunci tujuan saya dan kualitas artikel berkat bantuan Yoast SEO plugin ini.

Selain itu, plugin ini juga memberikan integrasi dengan social media seperti Facebook dan Twitter dengan menambahkan markup Facebook Open Graph meta data, twitter card juga Google Plus Authorship markup. Plugin ini juga memiliki XML Sitemap generator, permalink improvement, dan juga breadcrumb yang sangat membantu bot search engine dan pembaca blog seperti yang ada di atas judul posting ini.

Saya juga sudah membuat panduan setting WordPress SEO Plugin dan juga sebuah video tutorial cara setting Yoast SEO.

SEO Ultimate


Satu plugin sudah memiliki banyak fungsi, itu yang saya sukai dari Yoast SEO. Plugin SEO yang serupa dengan Yoast SEO menurut saya adalah SEO Ultimate, saya memakainya di TheBlogCourse.com karena tidak ingin bergantung penuh dengan Yoast. Kelebihan plugin ini dari Yoast adalah tampilan dashboard yang lebih sederhana dan kemudahan menampilkan Schema creator.

Apa itu Schema? Itu adalah sebuah markup HTML yang memberi tahu mesin pencari tentang artikel kita. Misalkan artikel kita tetang review, kita bisa memberikan rating yang akan ditunjukkan dengan jumlah bintang di SERP. Kalau tentang sebuah acara, kita juga bisa memberi tahu mesin pencari tentang kapan dan dimana acara tersebut berlangsung, bisa dilihat di schema.org lengkapnya.

Selain itu masih ada code inserter yang memudahkan dalam memasukkan script – script pada bagian tertentu blog kita, tidak perlu repot jika kita ganti themes. Deeplink Juggernaut juga membantu memasukkan link pada frase tertentu dalam posting, sehingga kita bisa lebih optimal dalam mebuat artikel review dengan link affiliasi misalnya, mirip dengan SEO Smart Links.

Hampir lupa,  ada juga tombol sharing ke social media.

2. Plugin WordPress Wajib Install – Statistik dan Sharing


Setelah tulisan kita sudah teroptimalisasi dengan beberapa WordPress SEO plugin wajib install tadi, sekarang waktunya kita melihat perkembangan blog kita dengan melihat statistik yang ada. Jetpack adalah plugin kita pada kategori ini.

JetPack by WordPress


Plugin WordPress Wajib Install - JetPack

JetPack adalah sebuah bundling plugins dari developer WordPress yang berisikan beberapa plugin yang sangat membantu dalam blogging, dalam setingnya tiap plugin bisa dihidupkan dan dimatikan sendiri – sendiri. WordPress Stats adalah sebuah plugin yang ada di dalamnya yang sangat berguna untuk melihat statistik blog, mulai dari jumlah pengunjung, website referal, artikel yang dibaca, kata kunci dari mesin pencari dan link yang di klik pembaca blog bisa kita ketahui dari sini.

Selain statistik, dengan jetpack kita juga bisa dengan mudah menambahkan tombol – tombol sharing ke social media dan membagikan tulisan begitu dipublish, membuat langganan blog, mobile theme, koreksi grammar, dan masih bayak lagi.

WP SlimStat dan Google Analyticator.


Salah satu blog special saya tadi, theblogcourse.com menggunakan plugin ini untuk menampilkan statistik blog. WP SlimStat memiliki beberapa data yang lebih lengkap dari WordPress stat seperti negara pengunjung, IP dan banyak lagi, tapi saya kadang merasa terlalu lengkap dan mengarah pada membingungkan, makannya saya juga menggunakan Google Analyticator.

Plugin khusus sharing? Tidak ada, saya memakai module dari SEO Ultimate tadi saja 😀

3. Plugin WordPress Wajib Install – Komentar


Kita juga perlu menginstall plugin yang berkaitan dengan komentar, hal ini terkait dengan melindungi blog dari spam dan membangun komunitas blog yang lebih besar dengan mendorong user berkomentar.

Growmap Anti Spambot Plugin


GASP adalah plugin yang akan memberikan sebuah check box tambahan dibawah kolom komentar untuk verifikasi bahwa user tersebut benar – benar orang. Spam bot cenderung melewatkan check box ini sehingga blog jadi lebih aman.

Saya lebih suka plugin ini dari pada plugin lain yang menggunakan chaptca karena kadang chaptca memberikan pengalaman menyusahkan bagi pembaca dengan smartphone. Plugin lainnya yang sangat populer adalah Akismet yang sudah termasuk dalam tiap install WordPress.

CommentLuv


Dibuat oleh developer yang sama dengan GASP, jika berkomentar pada blog yang memiliki CommentLuv, posting terakhir blogger lain akan secara otomatis dimunculkan dalam komentarnya. Ini adalah sebuah trigger yang efektif untuk mendorong blog lebih ramai dengan komentar.

Jetpack juga memiliki sebuah module tentang komentar ini yang menjadikan kolom komentar blog kita jadi seperti kolom komentar blog gratis di WordPress.com, ini juga bisa dipakai karena memudahkan user. Plugin lain yang juga populer adalah Disqus, tapi saya rasa untuk blog personal dan berpengunjung sedikit hingga sedang kurang sesuai.

4. Plugin WordPress Wajib Install – Perikalanan


Setelah SEO OK, statistik terlihat jelas dan kita tidak dibayang – banyangi komentar spam di blog, mungkin waktunya kita mencoba untuk memasang iklan. Satu plugin yang saya sangat senangi adalah;

Ad Injection


Dengan Ad Injection kita bisa menambahkan iklan pada hampir semua bagian penting blog kita yang berpotensi diklik. Bahkan pada bagian yang tidak ada widget di themes yang kita pakai bisa ditambahkan iklan dengan plugin ini.

Terlebih posisi iklan bisa kita rubah – rubah, semisal dibawah judul tulisan bisa di kanan, tengah atau kanan dari paragraf. Masih kurang mantab, bisa juga iklan tersebut kita buat random, iklan dari penyedia yang berbeda bisa kita taruh di tempat yang sama dan akan muncul secara bergantian (bisa diatur perbandingannya).

Artikel panduan menggunakan Ad Injection.

5. Plugin WordPress Wajib Install – Backup


Bad things happen, walau kita tidak pernah menginginkannya tapi sering kali hal buruk terjadi pada blog kita. Maka disinilah pentingnya kita memiliki backup dari blog kita.

FYI; pakai hosting Dewaweb lalu mengaktifkan fitur time machine backup, akan mem-backup otomatis blog kamu 2x sehari loh, ga perlu plugin berikut 🙂

Google Drive for WordPress


Google Drive for WordPress adalah sebuah plugin yang akan secara rutin membackup home direktori dan database kita ke Google Drive. Jadi sewaktu – waktu ada masalah kita sudah ada data cadangan tentang blog. Saya pernah membuat posting tentang cara setupnya di sini.

Kalau ada plugin WordPress untuk backup lain yang menarik dan banyak dipakai orang mungkin adalah WordPress Backup to Dropbox, Online Backup for WordPress, dan Simple Backup Plugin for WordPress

Plugin WordPress Wajib Install; Penutup


Plugins dalam posting tentang Plugin WordPress Wajib Install ini memang sangat membantu dalam blogging, saya sangat menyarankan untuk mencoba mereka.

Namun dalam menginstall plugin perlu juga diperhatikan tentang performa server, semakin banyak plugin terinstall maka akan semakin lambat loading website. Oleh karenanya saya memilih beberapa Plugin WordPress Wajib Install yang memiliki berbagai fungsi sekaligus seperti Yoast SEO, SEO Ultimate dan JetPack.

Selamat pagi, semoga bermanfaat. Salam.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib